KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) KALIMANTAN BARAT

LEMBAGA NEGARA INDEPENDEN | Alamat Kantor: Jl. Adi Sucipto No. 50 Pontianak Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak. Tlp : +62 811-577-877 Email : kpid.propkalbar@gmail.com Instagram : kpidprovkalbar

Wednesday 26 July 2023

Peran Serta Humas Dalam Mengawal Publikasi Kondusif Pemilu

Peran Humas sangat penting dalam rangka meliterasi masyarakat terhadap isu, agenda pemilu dan tahapannya, serta mengundang  partisipasi masyarakat teribat tahapan tersebut. Dalam menyampaikan informasi, keakuratan serta kebenaran sangat penting bagi masyarakat. hal ini turut menanggulangi dengan melakukan klarifikasi terhadap Hoax atau Hate Speech.

Hal tersebut disampaikan dalam Kegiatan diskusi yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat pada Senin 24 Juli 2023. forum ini Menghadirkan narasumber yakni Hasyim Gautama, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo dan narasumber dari Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Kalbar Faisal Riza. Mengusung tema "Peran Serta Humas Dalam Mengawal Publikasi Kondusif Pemilu Serentak 2024".

sebagai lembaga yang melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran Televisi dan radio, KPID turut aktif melakukan pengawasan khususnya dalam menyampaikan informasi kepemiluan. Dalam Kegiatan ini, Wakil Ketua KPID Kalbar RF. Winarno, S.H. dan Koordinator Bidang PS2P A. Panca Esti Widodo, S.Sn turut hadir dalam kegiatan Forum Koordinasi Humas Tahun 2023. 

Dalam paparannya, Hasyim menyatakan Humas harus dapat membuat konten-konten yang berkaitan dengan tahapan pemilu dan menggunakan tema-tema yang mudah dipahami oleh masyarakat. 

"Dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat dapat juga melalui media-media yang dimiliki Pemda Kalbar dan juga kabupaten/kota di Provinsi Kalbar, " ujar Hasyim. 

Kerjasama antara Humas di Provinsi maupun kabupaten/kota, dan dengan  lembaga lain khususnya di Kalbar menjadi kolaborasi dalam rangka menyampaikan literasi pemilu kepada masyarakat.

Sementara itu Faisal Riza menekankan pada potensi salah satu kerawanan yang terbesar adalah bagaimana tersebarnya informasi yang salah dan sifatnya bisa mengganggu berjalannya potensi pemilu yang berkualitas, luber, jurdil. Selain itu humas pemerintahan juga perlu memberikan literasi ke berbagai pihak khususnya ASN agar tetap bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis pada pemilu. (pc-red)


0 Comments:

Post a Comment